Vlogger, Profesi Favorit Masa Kini

Mencari pekerjaan bukanlah suatu hal yang mudah. Walaupun memiliki banyak pengalaman organisasi saat duduk di bangku kuliah, belum tentu bisa dengan mudah mendapatkan pekerjaan. Namun di era yang serba maju ini, pekerjaan bisa kita dapatkan sesuai dengan hobi kita. Jika hobi kita adalah mengedit video dan suka tampil di depan banyak orang, maka vlogger bisa menjadi pilihan untuk mencari sumber penghasilan. Saat ini, menjadi seorang vlogger bukanlah hanya sekedar profesi, tetapi juga menjadi Gaya Hidup. Siapa saja bisa melakukannya dan kita bisa dengan mudah mengupload video yang kita buat. Menjadi seorang vlogger bisa membahas segala hal yang kita senangi, misalnya kita bisa bercerita tentang pengalaman hidup, memberi saran tempat-tempat makan yang enak dan murah, memberi gasaran fashion jaman sekarang, atau bisa juga memberi saran cara-cara merawat binatang peliharaan. Tidak ada batasan tentang hal apa yang akan kita bahas, selama tidak mengandung unsur sara.

Jika kita ingin menjadi seorang vlogger, maka ada beberapa hal yang perlu kita persiapkan. Pertama adalah siapkan peralatan untuk membuat video. Misalnya kamera, yang bisa kita mulai dengan kamera hp. Jika ingin hasil yang lebih baik, maka kita bisa menggunakan kamera digital yang harganya terjangkau. Selain kamera, kita juga memerlukan lampu untuk pencahayaan dan mic agar suara yang kita keluarkan bisa lebih jelas. Selain peralatan, hal kedua yang perlu kita persiapkan adalah belajar dari vlogger lain. Cobalah untuk menonton video dari vlogger lain terlebih dahulu. Perhatikan bagaimana cara penempatan kamera dan cara penyampaiannya. Pelajari pula bagaimana cara editing sampai pengunduhan video yang akan kita publikasikan.

Hal ketiga yang perlu kita persiapkan adalah diri kita sendiri. Menjadi vlogger tentu akan memberikan banyak informasi kepada orang banyak, sehingga kita perlu belajar public speaking yang baik. Mulailah dengan belajar berbicara sendiri di depan cermin atau di depan orang banyak agar public speaking kita semakin bagus. Akan lebih baik jika kita mencoba merekam diri kita sendiri saat latihan berbicara agar bisa menilai apa yang kurang dari diri kita. Hal keempat yang perlu matang dipersiapkan adalah tema vlog. Tentukan tema vlog agar lebih fokus dan lebih menarik. Selain itu, tentukan pula target pasar yang akan kita tuju. Mulai dari anak muda, orang dewasa, orang tua, anak-anak, kalangan kelas menengah atau kelas atas. Hal ini akan lebih membuat vlog kita fokus dan terarah.

Terakhir kita juga tidak boleh lupa belajar editing video. Mulailah dari editing video yang sederhana dan jangan lupa untuk membiasakan diri kita selalu ramah dan menanggapi penonton. Karena semakin banyak penonton maka kita akan semakin tenar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *